5 Tips untuk Memilih Kain yang Baik dan Benar

Pakaian adalah kebutuhan dasar atau kebutuhan dasar manusia. Namanya kebutuhan dasar maka harus dipenuhi dan dipenuhi. Tidak seperti zaman kuno yang menggunakan bahan dasar dari alam dan sangay sederhana, pada saat ini banyak jenis bahan dasar untuk pakaian yang digunakan seperti: bahan kain yang terbuat dari bahan polyester, sutra, saten dan masih banyak lagi yang lainnya. Hari ini kita dapat dengan mudah membeli pakaian yang layak hanya beberapa rupiah saja. Bagi mereka yang fanatik pakaian, jelas bahwa perlu untuk mendapatkan pakaian yang berkualitas. Dapat dikatakan bahwa banyak factor  kemeja atau pakaian berkualitas tinggi, hal itu  bisa dilihat dari bahan, jaitan atau merek. Tetapi sangat sedikit orang lebih memilih untuk menjahit pakaian mereka daripada membeli pakaian jadi. Nah, kali ini, kami ingin berbagi beberapa tips tentang cara memilih kain yang bagus untuk membuat pakaian Anda.

5 tips untuk memilih kain berkualitas baik

Lakukan hal berikut saat memilih kain di toko pakaian sehingga Anda tidak menyesal dan membuat keputusan yang salah.

1.Tentukan jenis kainnya.

Hal pertama adalah menentukan jenis kain yang akan Anda beli. Penting untuk melakukan ini agar Anda tidak bingung ketika berada di toko kain, karena ada banyak jenis kain. Misalnya, jika Anda ingin membuat baju, fokuslah memilih bahan untuk baju itu.

2.Terawang

Bagian selanjutnya adalah Anda harus menerawang kain yang akan Anda beli. Dengan menerawang, Anda dapat menemukan benang yang digunakan kasar atau dengan halus. Anda juga bisa menentukan dengan tangan anda bagaimana serat kain tersebut. Jika kain terlihat mengkilap, mungkin ada campuran bahan polyester. Polyster ini memiliki banyak kekurangan seperti  perasaan panas saat menggunakannya. Dengan menerawang, anda juga dapat menemukan kerapatan tenunan,  semakin tinggi kerapatannya maka semakin baik kualitas kainnya.

3.Perhatikan warna kainnya.

Hal terpenting berikutnya yang tidak ketinggalan adalah warna kain. Warna kain yang bagus untuk anda adalah yang rapat dan tidak mudah pudar. Jika Anda menemukan warna kain kusam, Anda dapat menyimpulkan bahwa pewarna yang digunakan berkualitas rendah. Bahkan, Anda dapat melihat kualitas warna yang baik setelah mencuci kain, tetapi untuk melakukan pemeriksaan di toko, Anda dapat menggosok kain dengan potongan lainnya. Jika ada perubahan warna kain, lebih baik memilih kain lain.

4.Kelenturan Kain

Langkah selanjutnya adalah memperhatikan elastisitas kain. Kain berkualitas tinggi memiliki karakteristik bertektur lemas, jatuh  dan memiliki bobot yang  berat . Kain berkualitas baik tidak mudah kusut saat diremas. Tidak seperti kain berkualitas rendah, saat anda remas pada kain tersebut, akan sangat mudah kusut. Ini menunjukkan bahwa kain berkualitas rendah tidak mengandung serat yang baik dan tenunannya tidakrapat, sehingga mudah dilipat.

5.Harga

Hal terakhir yang harus dipertimbangkan adalah masalah penetapan harga. Tentu saja, anda harus tahu harga pasar untuk jenis kain yang anda pilih. Jika anda memilih kain berkualitas baik, harganya juga akan lebih mahal. Jangan sampai anda tertipu  membeli kain berkualitas rendah dengan harga selangit.

Demikianlah, 5 tips untuk memilih kain yang baik untuk pakaian Anda. Setelah anda tahu tips di atas, anda dapat memilih kain yang tepat. Jika anda adalah seseorang  pengusaha baju atau kaos, tentu saja anda dapat menjadikan perusahaan anda perusahaan konveksi kaos yang berkualitas. Karena  anda dapat memberikan produk terbaik kepada pelanggan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *